PROSEDUR BIMBINGAN DAN KONSELING

SUKAR MENYESUAIKAN DIRI
A.    Analisis Data
Seorang siswa dan keluarganya baru pindah tempat tinggal. Dalam keaadaan tersebut terpaksa ia pindah dari sekolah lamanya ke sekolah baru. Disini siswa sangat tertinggal dalam pelajaran, karena guru berbeda-beda dalam caranya mengajar sehingga membuat dia sangat sulit dalam menyesuaikan diri. Dengan keadaan seperti ini maka siswa tersebut menampakkan sifat-sifat malas dalam bersekolah.
B.     Sintesis
1.      Siswa tersebut merupakan siswa baru di sekolahnya
2.      Cara mengajar guru di sekolah lamanya berbeda dengan di sekolah tempat dia sekarang
C.    Diagnosis
1.      Tertinggal dalam pelajaran
2.      Sulit menyesuaikan diri dalam proses belajar mengajar
D.    Prognosis
1.      Menyarankan kepada guru mata pelajaran untuk memberikan waktu tambahan belajar agar mengejar ketertinggalan pelajarannya.
2.      Belajar menyesuaikan diri dengan kondisi yang sekarang
E.     Konseling
Peran pihak-pihak lain yang dapat memberikan bantuan untuk menyelesaikan masalah tersebut :
a.       Wali Kelas
Ø  Mengarahkan siswa untuk menumbuhkan rasa percaya diri
Ø  Sanantiasa memberikan arahan untuk ke depannya
b.      Konselor
Ø  Menumbuhkan kepercayaan diri kepada siswa tersebut
Ø  Bekerja sama dengan orang tua untuk menyelesaikan masalah tersebut
c.       Guru mata pelajaran
Ø  Memberikan waktu tambahan untuk siswa tersebut
Ø  Memberi perhatian khusus untuk siswa tersebut
Uraian singkat cara mengatasi masalah / Cara membantu siswa
Ø  Konseling individual
Konselor mengkonseling siswa Arman dengan memanfaatkan waktu jam pelajaran dengan meminta izin guru yang bersangkutan.
Ø  Tutor sebaya
Konselor meminta bantuan kepada reman Arman yang dianggap mampu , untuk membantu kesulitan belajar Arman dalam pelajarannya.


Setelah diadakannya konseling tersebut maka siswa dapat mengejar ketertinggalannya dan mampu menyesuaikan diri dengan sekolahnya sekarang sehingga dalam masalah tersebut tidak diadakan tindak lanjut.

Comments

Popular Posts