PROSEDUR BIMBINGAN DAN KONSELING
SUKAR MENYESUAIKAN DIRI
A.
Analisis Data
Seorang
siswa dan keluarganya baru pindah tempat tinggal.
Dalam keaadaan tersebut terpaksa ia pindah dari
sekolah lamanya ke sekolah baru. Disini siswa sangat tertinggal dalam
pelajaran, karena guru berbeda-beda dalam caranya mengajar sehingga membuat dia
sangat sulit dalam menyesuaikan diri.
Dengan keadaan seperti ini maka siswa tersebut menampakkan sifat-sifat malas
dalam bersekolah.
B.
Sintesis
1.
Siswa tersebut
merupakan siswa baru di sekolahnya
2.
Cara mengajar
guru di sekolah lamanya berbeda dengan di sekolah tempat dia sekarang
C.
Diagnosis
1.
Tertinggal dalam
pelajaran
2.
Sulit
menyesuaikan diri dalam proses belajar mengajar
D.
Prognosis
1.
Menyarankan
kepada guru mata pelajaran untuk memberikan waktu tambahan belajar agar
mengejar ketertinggalan pelajarannya.
2.
Belajar
menyesuaikan diri dengan kondisi yang sekarang
E.
Konseling
Peran
pihak-pihak lain yang dapat memberikan bantuan untuk menyelesaikan masalah
tersebut :
a. Wali
Kelas
Ø Mengarahkan
siswa untuk menumbuhkan rasa percaya diri
Ø Sanantiasa
memberikan arahan untuk ke depannya
b. Konselor
Ø Menumbuhkan
kepercayaan diri kepada siswa tersebut
Ø Bekerja
sama dengan orang tua untuk menyelesaikan masalah tersebut
c. Guru
mata pelajaran
Ø Memberikan
waktu tambahan untuk siswa tersebut
Ø Memberi
perhatian khusus untuk siswa tersebut
Uraian singkat cara mengatasi masalah /
Cara membantu siswa
Ø Konseling
individual
Konselor
mengkonseling siswa Arman dengan memanfaatkan waktu jam pelajaran dengan
meminta izin guru yang bersangkutan.
Ø Tutor
sebaya
Konselor
meminta bantuan kepada reman Arman yang dianggap mampu , untuk membantu
kesulitan belajar Arman dalam pelajarannya.
Setelah diadakannya konseling
tersebut maka siswa dapat mengejar ketertinggalannya dan mampu menyesuaikan
diri dengan sekolahnya sekarang sehingga dalam masalah tersebut tidak diadakan
tindak lanjut.
Comments
Post a Comment