LAPORAN PELAKSANAAN KONSELING

LAPORAN PELAKSANAAN KONSELING




DISUSUN OLEH
                                                       NAMA             : BADARUDIN
                                                  NPM                 : 109010086
                                                  KELAS            : B (Reguler)
                                                  SEMESTER    : VI


UNIVERSITAS MUHMMADIYAH BUTON
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN

2012



LAPORAN PELAKSANAAN KONSELING
1.      Nama Konseli                   : HARDIN
2.      Umur                                : 17 Tahun
3.      Jenis Kelamin                   : Laki-laki
4.      Kelas                                : XI
5.      Jurusan                             : IPA
6.      NIS                                   : 6812
7.      Nama Sekolah                  : SMA NEGERI 3
8.      Tanggal Wawancara         : 19 Mei 2012
9.      Tempat Wawancara          : Ruang Konseling

I.            LANGKAH ANALISIS
Sumber Data
Isi Informasi
1.      Wali Kelas



2.      Teman Siswa



3.      Orang Tua

4.      Buku Raport



5.      Hasil Tes Psikologi

6.      Guru Mapel


7.      Daftar Absensi

8.      Siswa Ybs




9.      Observasi Data
Ø  Prestasi siswa menurun
Ø  Sering absen
Ø  Sering terlambat masuk sekolah

Ø  Sering terlambat masuk kelas
Ø  Sering bolos PBM


Ø  Tidak pernah belajar di rumah

Ø  Nilai raport banyak merahnya
Ø  Nilai semester I dan II  kelas X normal
Ø  Nilai semester I dan II kelas XI menurun drastis

Ø  Intelegensi dibawah rata-rata

Ø  Sering absen dalam proses belajar mengajar
Ø  Semangat belajarnya menurun

Ø  Jarang masuk sekolah

Ø  Sering melangggar tata tertib sekolah
Ø  Prestasi belajarnya rendah
Ø  Dia sering membolos terutama jika akan menghadpai mata pelajaran Matematika

Ø  Prestasi siswa tersebut menurun sampai-sampai teracam tidak naik kelas
Ø  Minat belajar semakin berkurang
Ø  Dikeluarkan dari sekolah





II.            LANGKAH SINTESIS (RANGKUMAN DATA)

1.      Gejala yang tampak / penyimpangan yang terjadi / keluhan siswa.
a.       Nilai raport banyak merahnya
b.      Nilai tugas, ulangan dan ujian rendah
c.       Peringkat dibawah rata-rata
d.      Prestasi menurun drastis
2.      Kondisi / hal-hal yang berhubungan dengan diri siswa
a.       Intelegensi dibawah rata-rata
b.      Malas belajar
c.       kurang minat dan perhatian
3.      Hal-hal yang berhubungan dengan teman
a.       Bersikap baik dengan temannya
b.      Tidak pernah bermasalah dengan temannya
c.       Tidak pernah mencampuri urusan temannya
4.      Hal-hal yang berhubungan dengan guru
a.       Jarang komunikasi dengan guru
b.      Tidak menyelesaikan tugas rumah hingga bentrok dengan guru
5.      Hal-hal yang berhubungan dengan orang tua siswa
a.       Hubungan denga orang tua begitu dekat
b.      Sering membantu menyelesaikan pekerjaan rumah
c.       Komunikasi dengan orang tua lancer

III.            LANGKAH DIAGNOSIS

1.      Rumusan masalah yang dihadapi siswa (Nama Masalah)
Hardin  memiliki prestasi belajar rendah dan kurang berminat pada IPA
2.      Perkiraan penyebabnya (Hubungan sebab-akibat)
a.       Dirumah dia tidak mempunyai tempat belajar sendiri dan dia belajar ditempat tidurnya. Ia banyak membantu kegiatan keluarga sehinga sering terlambat masuk sekolah.
b.      Dia sebenarnya kurang berminat terhadap bidang studi IPA. Dalam menyelesaikan salah satu tugas rumahnya pernah terjadi bentrok dengan salah seorang gurunya

IV.            LANGKAH PROGNOSIS

1.      Perkiraan masalah tersebut dapat diatasi atau disembuhkan
Ø  Perkiraan hasil yang dicapai 70%
Ø  Perkiraan penyelesaian untuk pelayanan konseling 10 minggu
Ø  Peran pihak-pihak lain yang dapat memberikan bantuan untuk menyelesaikan masalah tersebut :
a.       Wali Kelas
Ø  Mengarahkan siswa untuk menumbuhkan rasa percaya diri
Ø  Sanantiasa memberikan nasehat untuk ke depannya
b.      Konselor
Ø  Mereferal kepada tenaga ahlinya
Ø  Menumbuhkan kepercayaan diri kepada siswa tersebut
Ø  Bekerja sama dengan orang tua untuk menyelesaikan masalah tersebut
Ø  Memberikan harapan-harapan yang dapat dicapai untuk ke depannya.
c.       Guru mata pelajaran
Ø  Memberikan waktu tambahan untuk siswa tersebut
Ø  Member perhatian khusus untuk siswa tersebut
2.      Uraian singkat cara mengatasi masalah / Cara membantu siswa
Ø  Menyarankan kepada siswa tersebut untuk rajin belajar
Ø  Memberi saran untuk siswa agar dapat membagi waktu
Ø  Selalu menumbuhkan rasa percaya diri kepada siswa tersebut
Ø  Memberikan kepercayaan kepada siswa untuk meraih presatasinya.

V.            LANGKAH KONSELING

1.      Pokok-pokok atau uraian yang akan disampaikan kepada klien (Inti penyuluhan/ Isi saran/ Isi pengarahan).
Ø  Memberikan pemahaman diri kepada siswa agar dapat meningkatkan prestasi belajarnya.
Ø  Memberikan arahan bahwa siswa tersebut mampu bersaing dengan belajar lebih giat lagi di rumah.
Ø  Memberi saran kepada siswa agar lebih rajin ke sekolah.
Ø  Memberikan motivasi kepada siswa tersebut agar dapat lulus dengan nilai yang maksimal.
Ø  Menyarankan untuk siswa dapat membagi waktunya semaksimal mungkin.
2.      Pokok-pokok uraian yang akan dikomunikasikan kepada guru, orang tua, teman dekat siswa dan sebagainya.
Ø  Kepada guru diminta perhatian khusus pada klien dalam PBM, menambah waktu belajar klien dalah hal ini pengayaan.
Ø  Kepada orang tua diminta agar mengawasi klien dalam meningkatkan gairah belajarnya di rumah.
Ø  Kepada teman-temannya disarankan untuk membantu klien dalam menyelesaikan tugas-tugas yang diberikan oleh guru, membantunya dengan belajar secara kelompok, serta berdiskusi apabila ada tugas yang tidak dapat terselesaikan.

VI.            LANGKAH TINDAK LANJUT

1.      Setelah diberi arahan-arahan siswa tersebut mengalami perubahan dengan rajin ke sekolah, tidak pernah bolos lagi serta gairah belajar siswa meningkat.
2.      Siswa mampu mengerjakan tugas-tugas yang diberikan guru.





Comments