LAPORAN PELAKSANAAN KONSELING
LAPORAN PELAKSANAAN KONSELING
DISUSUN OLEH
NAMA : BADARUDIN
NPM : 109010086
KELAS : B (Reguler)
SEMESTER : VI
UNIVERSITAS MUHMMADIYAH BUTON
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
2012
LAPORAN PELAKSANAAN KONSELING
1.
Nama Konseli : HARDIN
2.
Umur : 17 Tahun
3.
Jenis Kelamin : Laki-laki
4.
Kelas : XI
5.
Jurusan : IPA
6.
NIS : 6812
7.
Nama Sekolah : SMA NEGERI 3
8.
Tanggal
Wawancara : 19 Mei 2012
9.
Tempat Wawancara
: Ruang Konseling
I.
LANGKAH ANALISIS
Sumber Data
|
Isi Informasi
|
1. Wali
Kelas
2. Teman
Siswa
3. Orang
Tua
4. Buku
Raport
5. Hasil
Tes Psikologi
6. Guru
Mapel
7. Daftar
Absensi
8. Siswa
Ybs
9. Observasi
Data
|
Ø Prestasi
siswa menurun
Ø Sering
absen
Ø Sering
terlambat masuk sekolah
Ø Sering
terlambat masuk kelas
Ø Sering
bolos PBM
Ø Tidak
pernah belajar di rumah
Ø Nilai
raport banyak merahnya
Ø Nilai
semester I dan II kelas X normal
Ø Nilai
semester I dan II kelas XI menurun drastis
Ø Intelegensi
dibawah rata-rata
Ø Sering
absen dalam proses belajar mengajar
Ø Semangat
belajarnya menurun
Ø Jarang
masuk sekolah
Ø Sering
melangggar tata tertib sekolah
Ø Prestasi
belajarnya rendah
Ø Dia
sering membolos terutama jika akan menghadpai mata pelajaran Matematika
Ø Prestasi
siswa tersebut menurun sampai-sampai teracam tidak naik kelas
Ø Minat
belajar semakin berkurang
Ø Dikeluarkan
dari sekolah
|
II.
LANGKAH SINTESIS (RANGKUMAN DATA)
1.
Gejala yang
tampak / penyimpangan yang terjadi / keluhan siswa.
a. Nilai raport banyak merahnya
b. Nilai tugas, ulangan dan ujian rendah
c. Peringkat dibawah rata-rata
d. Prestasi menurun drastis
2.
Kondisi /
hal-hal yang berhubungan dengan diri siswa
a. Intelegensi dibawah rata-rata
b. Malas belajar
c. kurang minat dan perhatian
3.
Hal-hal yang
berhubungan dengan teman
a. Bersikap baik dengan temannya
b. Tidak pernah bermasalah dengan temannya
c. Tidak pernah mencampuri urusan temannya
4.
Hal-hal yang
berhubungan dengan guru
a. Jarang komunikasi dengan guru
b. Tidak menyelesaikan tugas rumah hingga bentrok
dengan guru
5.
Hal-hal yang
berhubungan dengan orang tua siswa
a. Hubungan denga orang tua begitu dekat
b. Sering membantu menyelesaikan pekerjaan rumah
c. Komunikasi dengan orang tua lancer
III.
LANGKAH
DIAGNOSIS
1.
Rumusan masalah
yang dihadapi siswa (Nama Masalah)
Hardin memiliki prestasi belajar rendah dan kurang
berminat pada IPA
2.
Perkiraan
penyebabnya (Hubungan sebab-akibat)
a. Dirumah dia tidak mempunyai tempat belajar sendiri
dan dia belajar ditempat tidurnya. Ia banyak membantu kegiatan keluarga sehinga
sering terlambat masuk sekolah.
b. Dia sebenarnya kurang berminat terhadap bidang studi
IPA. Dalam menyelesaikan salah satu tugas rumahnya pernah terjadi bentrok
dengan salah seorang gurunya
IV.
LANGKAH PROGNOSIS
1.
Perkiraan
masalah tersebut dapat diatasi atau disembuhkan
Ø Perkiraan hasil yang dicapai 70%
Ø Perkiraan penyelesaian untuk pelayanan konseling 10
minggu
Ø Peran pihak-pihak lain yang dapat memberikan bantuan
untuk menyelesaikan masalah tersebut :
a.
Wali Kelas
Ø Mengarahkan siswa untuk menumbuhkan rasa percaya
diri
Ø Sanantiasa memberikan nasehat untuk ke depannya
b.
Konselor
Ø Mereferal kepada tenaga ahlinya
Ø Menumbuhkan kepercayaan diri kepada siswa tersebut
Ø Bekerja sama dengan orang tua untuk menyelesaikan
masalah tersebut
Ø Memberikan harapan-harapan yang dapat dicapai untuk
ke depannya.
c.
Guru mata
pelajaran
Ø Memberikan waktu tambahan untuk siswa tersebut
Ø Member perhatian khusus untuk siswa tersebut
2.
Uraian singkat
cara mengatasi masalah / Cara membantu siswa
Ø Menyarankan kepada siswa tersebut untuk rajin
belajar
Ø Memberi saran untuk siswa agar dapat membagi waktu
Ø Selalu menumbuhkan rasa percaya diri kepada siswa
tersebut
Ø Memberikan kepercayaan kepada siswa untuk meraih
presatasinya.
V.
LANGKAH KONSELING
1.
Pokok-pokok atau
uraian yang akan disampaikan kepada klien (Inti penyuluhan/ Isi saran/ Isi
pengarahan).
Ø Memberikan pemahaman diri kepada siswa agar dapat
meningkatkan prestasi belajarnya.
Ø Memberikan arahan bahwa siswa tersebut mampu
bersaing dengan belajar lebih giat lagi di rumah.
Ø Memberi saran kepada siswa agar lebih rajin ke
sekolah.
Ø Memberikan motivasi kepada siswa tersebut agar dapat
lulus dengan nilai yang maksimal.
Ø Menyarankan untuk siswa dapat membagi waktunya
semaksimal mungkin.
2.
Pokok-pokok
uraian yang akan dikomunikasikan kepada guru, orang tua, teman dekat siswa dan
sebagainya.
Ø Kepada guru diminta perhatian khusus pada klien
dalam PBM, menambah waktu belajar klien dalah hal ini pengayaan.
Ø Kepada orang tua diminta agar mengawasi klien dalam
meningkatkan gairah belajarnya di rumah.
Ø Kepada teman-temannya disarankan untuk membantu
klien dalam menyelesaikan tugas-tugas yang diberikan oleh guru, membantunya
dengan belajar secara kelompok, serta berdiskusi apabila ada tugas yang tidak
dapat terselesaikan.
VI.
LANGKAH TINDAK LANJUT
1.
Setelah diberi
arahan-arahan siswa tersebut mengalami perubahan dengan rajin ke sekolah, tidak
pernah bolos lagi serta gairah belajar siswa meningkat.
2.
Siswa mampu
mengerjakan tugas-tugas yang diberikan guru.
Comments
Post a Comment