Pulau Buton

Buton adalah sebuah pulau di Sulawesi Tenggara yang terkenal akan produksiaspalnya[1]. Berdasarkan luas wilayah, pulauButon menduduki urutan ke-130 Daftar pulau menurut luas wilayah#Pulau yang luas wilayahnya melebihi 3.000 km.C2.B2 di dunia dan menduduki urutan ke-73 di dunia Daftar pulau menurut jumlah penduduk berdasarkan jumlah penduduknya. Buton termasuk dalam wilayah administratif Provinsi Sulawesi Tenggara. Kota terbesar di pulau ini adalahBaubau yang merupakan kota terbesar ke-8 disulawesi dan ke-2 di Provinsi Sulawesi Tenggara [2].
Buton Topography.png

Pembagian administrasi

Di Buton terdapat daerah tingkat II atauKabupaten yang dikenal dengan namaKabupaten Buton. Pada awalnya Kabupaten Buton dengan ibukota Baubau memiliki wilayah pemerintahan adalah bekas dari kerajaan Butonatau Kesultanan Buton, yaitu meliputi sebagian wilayah pulau Buton, sebagian wilayah pulauMuna, seluruh pulau Kabaena, sedikit bagian pulau Sulawesi, serta pulau-pulau yang ada di bagian selatan dan tenggara pulau Buton. Sekarang dengan adanya pemekaran daerah, wilayah itu terbagi menjadi beberapa wilayah kabupaten, yaitu:
  1. Kabupaten Buton
  2. Kota Baubau
  3. Kabupaten Wakatobi
  4. Kabupaten Bombana
  5. Kabupaten Buton Selatan
  6. Kabupaten Buton Tengah
  7. Kabupaten Buton Utara
Dari keenam kabupaten/kota tersebut, yang berada pada pulau Buton adalah Kota Baubau,Kabupaten Buton dan Kabupaten Buton SelatanKabupaten Buton Tengah berada pada sebagian pulau Muna, dan sebagian kecil pulau Kabaena, sedangkan sebagian wilayah pulau Buton adalah wilayah kabupaten Muna (kini menjadi Kabupaten Buton Utara. UntukKabupaten Wakatobi merupakan pulau yang berada pada bagian selatan pulau Buton, sedangkan kabupaten Bombana berada pada daratan Sulawesi dan sebagian besar pulau Kabaena.

Comments

Popular Posts